Malaikat Kiraman Katibin

Malaikat Kiraman Katiban

    Di dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa setiap manusia disertai oleh dua malaikat, yaitu malaikat yang berada di sebelah kanannya sebagai pencatat segala amal kebaikan tanpa disaksikan yang lain. Dan malaikat yang kedua berada di sebelah kirinya sebagai pencatat dari segala amal kejelekannya dan tidak di catat segala amal kejelekan tersebut sebelum disaksikan oleh malaikat yang berada di sebelah kanan. Apabila seorang manusia sedang duduk, maka malaikat yang satu berada di sebelah kanannya dan yang satunya lagi berada disebelah kirinya. Apabila seorang manusia sedang berjalan, maka malaikat yang satu berada di sebelah mukanya dan yang satunya berada di belakang. Dan apabila manusia sedang tidur, maka malaikat yang satu berada di atas kepalanya dan yang satunya berada di bawah kakinya.
    Disebutkan pula dalam sebuah hadits yang lain, bahwa ada lima malaikat yang serupa dengan dua malaikat tersebut. Yaitu dua malaikat yang selalu menyertai manusia di waktu malam hari, dua malaikat yang selalu menyertai manusia di siang hari dan satu malaikat lagi yang tak pernah terpisahkan dari seorang manusia.
    Hal ini di terangkan dalam Al-Qur'an surat Ar-Ra'd : 11 yang artinya sebagai berikut: "Bagian manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya betgiliran, di mula dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah".

    Maksud dari firman Allah di atas adalah malaikat tang menyertai manusia, jin serta syaitan pada waktu siang dan malam. Sedangkan dua malaikat yang mencatat amal kebaikan dan kejelekan berada di antara dua bahu manusia. Lidah sebagai pena bagi dua malaikat tersebut, mulut sebagai tempat tintanya dan air ludah sebagai tintanya. Kedua malaikat itu mencatat amal perbuatannya setiap manusia sampai waktu ajalnya tiba.

    Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad Saw beliau bersabda: "Sesungguhnya pencatat amal perbuatan pada sebelah kanan di percayai oleh pencatat amal perbuatan sebelah kiri yang mencatat amal kejelekan seorang hamba. Dan ketika seorang hamba melakukan kejelekan di saat malaikat sebelah kiri akan mencatat kejelekannya, maka bermasalah malaikat yang sebelah kanan: "Tahanlah dulu sebentar". Lalu malaikat sebelah kiri menahannya selama tujuh jam. Apabila hamba tersebut memohon ampun kepada Allah Swt, maka malaikat yang sebelah kiri tidak akan mencatat kejelekannya. Dan apabila seorang hamba tidak memohon ampun kepada Allah Swt selama 7 jam itu, maka malaikat yang sebelah kiri akan mencatat kejelekannya".
    Jika telah di cabut ruh dari jasad seorang hamba, kemudian jasad tersebut di letakkan di dalam kubur. Maka malaikat Kiraman Katiban berkata: "Ya Tuhan kami, telah engkau serahkan hamba-Mu kepada kami, telah kami tulis segala amal perbuatannya dan Engkau cabut ruhnya, maka izinkanlah kami naik ke langit". Lalu Allah Swt berfirman: "Langit ini telah di penuhi oleh para malaikat yang sama membaca tasbih, maka kembalilah kalian berdua dan bacalah Tasbih untuk-Ku diatas kubur hamba-Ku, bacalah Takbir fan Tahlil serta tulislah semua itu untuk hamba-Ku hingga Aku membangunkan dia dari kuburnya".

    Kedua malaikat itu si sebut dengan nama malaikat Kiraman Katibin adalah karena apabila mereka telah mencatat suatu amal kebaikan, maka mereka membawa catatan itu naik ke langit dan mereka tunjukan kepada Allah Swt dan mereka bersaksi atas kebaikan-kebaikan tersebut seraya berkata: "Sesungguhnya hamba-Mu yang bernama Fulan telah melakukan suatu kebaikan demikian dan demikian.
    Dan apabila mereka telah mencatat suatu amal kejelekan dari seorang hamba, maka mereka membawa catatan amal kejelekan itu naik ke langit dan mereka menunjukan kepada Allah Swt dengan penuh kesusahan dan penyesalan. Kemudian Allah Swt berfirman: "Wahai malaikat Kiraman Katibin, apa yang telah di lakukan oleh hamba-Ku?" Mendengar pertanyaan itu, tidak ada seorang malaikat pun yang menjawab melainkan mereka hanya tertunduk dan diam. Kemudian Allah Swt mengulangi pertanyaan itu kedua kalinya sampai ke tiga kalinya. Akhirnya mereka menjawab: "Wahai Tuhan kami, Engkau adalah Dzat yang menutupi segala kekurangan dari mereka. Sesungguhnya mereka itu sama membaca kitab-Mu setiap hari dan mengharap kekurangan itu tertutup oleh kami". Kemudian hamba tersebut berkata: "Yang mulia(disisi Allah) dan yang mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu) mereka mengetahui apa yang telah engkau kerjakan".
    Maka sesungguhnya kami ini menutupi kekurangan-kekurangan dari para hamba dan Engkau adalah Dzat yang maha mengetahui atas segala kekurangan mereka. Dengan demikian, maka kedua malaikat itu diberi nama Malaikat Kiraman Katibin.

0 Response to "Malaikat Kiraman Katibin "

Post a Comment