D. BIOGRAFI IMAM SYAFI’I (الشافعي )
Beliau adalah Muhammad
bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi‟i bin Said bin Abu Yazid bin Hakim bin
Muhthalib bin Abdul Manaf. Keturunan beliau dari pihak bapak bertemu dengan
keturunan nabi Muhammad saw. pada Abdul Manaf.
Oleh karena itu, beliau masih termasuk suku Quraisy, berasal dari golongan
Al-azd. Beliau lahir di Ghaza, salah satu kota di daerah Palestina di pinggir
laut Tengah pada tahun 150 H (767M) dan wafat di Mesir tahun 204 H (822 M).
Di banyak literatur
tentang biografinya, dikisahkan bahwa ia dilahirkan pada tahun 150 H. Sekalipun
masih terdapat perbedaan pendapat mengenai tempat asal kelahirannya. Yaqut
misalnya, dalam sebuah karya tulisnya sekaligus mengajukan 3 riwayat yang
berbeda. Yang kesemuanya itu di sinyalir berasal dari ucapan syafi’i sendiri.
Riwayat pertama: “ Aku dilahirkan pada tahun 150 H di wilayah Ghazza (sebuah
daerah yang kurang lebih berjarak 135 Km dari Yerusalam, Palestina). Kemudian
aku dibawa pindah ke Mekkah, dalam usia 2 tahun oleh ibuku yang berkebangsaan
Azd”
Riwayat kedua: “Syafi‟i
pernah menyatakan: “Aku lahir di Asqalan, yang berjarak kurang lebih 21 Km dari
Ghazza, Palestina”. Sedangkan dalam riwayat ketiga, dinyatakan: “Aku dilahirkan
di Yaman. Namun kemudian ada semacam rasa kekhawatiran di hati ibuku, sehingga
beliau membawaku pindah ke Mekkah. Ini terjadi ketika usiaku 10 tahun atau
tidak jauh dari itu”. (Yagud, Mu‟jamul Udaba‟, jilid 17, hal. 281).39 Ayah
beliau meninggal ketika beliau masih kecil dan dalam keadaan demikian beliau
dibawa kembali oleh ibunya ke Mekah dan menetap di sana. Beliau hafal Al-Quran
sewaktu berumur 9 tahun, di samping telah hafal sejumlah hadits. Karena
kemiskinan, beliau hampir tidak dapat menyiapkan seluruh peralatan belajar yang
diperlukan, sehingga beliau terpaksa mencari kertas yang tidak terpakai atau
telah dibuang untuk menulis. Kemudian, atas persetujuan ibunya, beliau
keperkampungan Kabilah Nudzail yang berdiam di salah satu dusun di luar kota
Mekah. Beliau belajar selama beberapa tahun di perkampungan Kabilah, sampai beliau
merasa telah memiliki pengetahuan bahasa Arab yang cukup. Sekembali dari
perkampungan Kabilah Hudzail, beliau kembali menekuni pelajaran agama Islam,
dengan mendatangkan ulama-ulama yang terkenal di Madinah waktu itu. Di antara
ulama Mekah, hanya kepada Muslim bin Khalid AzSanjilah, paling lama beliau
menimba ilmu. Pada usia 15 tahun beliau telah di beri wewenang oleh gurunya
untuk memberi fatwa dan bertindak sebagai wakil mufti. Wewenang yang seperti
itu hampir tidak pernah diberikan kepada
orang seusia beliau. Di samping berguru kepada Khalid Az-Zanji beliau menekuni
pelajaran hadits kepada Sufyan bin Uyaynah. Beliau ke Madinah ketika berusia 20
tahun, dengan membawa surat pengantar wali kota Mekah dan surat pengantar dari
gurunya, Muslim bin Khalid, untuk berguru dan menuntut ilmu kepada Imam Malik.
Pada waktu itu, di madrasah Imam Malik banyak juga ulama-ulama yang datang dari
segenap penjuru dunia Islam, seperti dari Mesir, Irak Asia Tengah, Syria dan
Turki untuk belajar kepadanya. Pada saat itu, Imam Syafi‟i dikenal sebagai
wakil Imam Malik dalam memberikan pelajaran, maka ulama-ulama itu menghormati
beliau pula. Pada saat itu, beliau
mendengar bahwa di Bagdad berdiam dua orang ulama yang terkenal, yaitu
Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan, murid dan sahabat terdekat Imam Abu Hanifah
dan pernah pula menjadi ketua Mahkamah Agung Bagdad. Timbul keinginan beliau
menuntut ilmu kepadanya dan keinginan itu disampaikan kepada gurunya, Imam
Malik. Imam Malik menyetujuinya dan berangkatlah beliau ke Bagdad dengan biaya
Imam Malik. Selama tinggal di Kufah beliau bertempat tinggal di rumah Muhammad
bin Hasan, memperlajari naskah-naskah dan buku-buku yang berhubungan dengan
Mazhab Hanafi yang kemudian menjelma menjadi fiqh Irak. Di samping itu, beliau
memperlajari peradilan dan hukum-hukum acara yang berlaku di peradilan dalam
mengadili perkara-perkara yang diajukan kepadanya. Irak waktu itu merupakan
pusat kebudayaan dunia, jalan lalu lintas antara timur dan barat, tempat
bertemunya aneka ragam kebudayaan yang berkembang di dunia. Di sana terdapat
bermacam bentuk pergaulan, adat-istiadat tingkah laku manusia, yang tidak
diketahui dan dialaminya sewaktu berada di Hijaz. Semuanya itu memperluas
pandangan pikiran dan pengalaman beliau dalam memecahkan persoalan-persoalan
Agama Islam yang timbul akibat suasana, keadaan dan tempat. Adapun penjelasan
dari ringkasan di atas “ Pada saat beliau mendengar bahwa di Bagdad berdiam dua
orang ulama yang terkenal, yaitu Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan, beliau ke
Bagdad untuk menuntut ilmu kepadanya. Di sana beliau tinggal di rumah Muhammad
bin Hasan, mempelajari naskah-naskah dan buku-buku yang berhubungan dengan
mazhab Hanafi yang kemudian menjelma menjadi fiqh Irak. Di samping itu beliau
juga mempelajari peradilan dan hukum-hukum acara yang berlaku di peradilan
dalam mengadili perkaraperkara yang diajukan kepadanya”. Atas izin guru beliau
Muhammad bin Hasan, beliau pergi mengunjungi daerah-daerah Persia, ke Anathul,
Hirah, ke kota Ramlah di Palestina dan negerinegeri di bagian Selatan Baitul
Magdis. Di negeri-negeri yang beliau kunjungi diajarkanlah kitab Muwaththa‟ dan
pendapat-pendapat beliau sendiri. Dari kota Ramlah beliau langsung kembali ke
Madinah, ke rumah Imam Malik. Sejak itu beliau mulai kembali memperdalam
ilmunya di samping membantu Imam Malik mengajar, sampai Imam Malik meninggal
dari tahun 179 H.
Kematian Imam Malik
berpengaruh besar terhadap hidup dan kehidupan Imam Syafi‟i. semula ia tidak
pernah memikirkan keperluan-keperluan penghidupannya, tetapi setelah kematian
gurunya itu, hal itu menjadi beban fikiran yang tidak dapat diatasinya. Karena
itulah beliau menerima tawaran wali negeri Yaman untuk diangkat menjadi
sekretaris beliau. Waktu itu beliau berumur 29 tahun. Selama menjabat
sekretaris Wali negeri Yaman banyak bertambah pengetahuan beliau tentang ilmu
politik dan ilmu pemerintahan, cara-cara yang kotor yang dilakukan dalam
berpolitik dan sebagainya. Waktu itulah beliau melaksanakan perkawinan dengan
Hamidah binti Nafi‟, termasuk salah seorang keturunan Utsman bin „Affan.
Negeri Yaman waktu itu
termasuk salah satu daerah yang berada di bawah pemerintahan dinasti Abbasiyah,
dengan kepala Negara Harun Al-Rasyid yang berkedudukan di Bagdad. Di negeri itu
sedang berkembang gerakan syi‟ah yang menjadi musuh dinasti Abbasiyah. Maka
Imam Syafi‟i dituduh ikut terlibat dalam
gerakan Syi‟ah itu. Beliau bukan saja dianggap sebagai pengikut Syi‟ah, tetapi
lebih dari dianggap sebagai pemimpin dari gerakan Syi‟ah. Karena itu beliau
dibawa ke Bagdad untuk diadili, bersama-sama tokoh lain. Tokoh-tokoh yang lain
dikenai hukuman mati, sedangkan Imam Syafi‟i dibebaskan dari semua tuduhan,
berkat bantuan Muhammad bin Hasan, yang pernah menjadi guru beliau waktu beliau
di Kufah dahulu. Kemudian beliau menetap di Bagdad di rumah Muhammad, di
samping berguru kepadanya beliau juga sering mengadakan diskusi-diskusi dengan
ulama-ulama yang ada di Bagdad.
Pada tahun 181 H,
beliau kembali ke Mekah dan beliau dapati ibu beliau telah meninggal dunia.
Beliau disambut oleh pemerintah dan penduduk Mekah dengan penuh penghormatan
dan sejak itu beliau kembali mengajar dan mengadakan pertemuan-pertemuan dengan
para ulama yang datang dari seluruh dunia di musim haji. Setelah beliau
mendengar wafatnya Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan, Khalifah Harun Ar-Rasyid
dan Khalifah Al-Amin Ar-Rasyid, pada tahun 198 H, berangkatlah beliau ke
Bagdad. Beliau tinggal di Bagdad selama sebulan dan beliau mengadakan pertukaran
pikiran dengan ulama-ulama di Bagdad waktu itu. Pada waktu itulah Muhammad bin
Hanbal berguru kepada beliau. Pada tahun198 H, Khalifah Makmun memberhentikan
Muththalib sebagai gubernur Mesir dan mengangkat Abbas bin Musa sebagai sebagai
penggantinya. Bersama Abbas bin Musa berangkat pulalah Imam Syafi‟i ke Mesir.
Pada keberangkatan itu beliau dilepas oleh Imam Ahmad bin Hambal. Beliau
bertempat tinggal di rumah Abdullah bin Abdul Hakam.
Demikianlah Imam Syafi‟i di Mesir selama 6 tahun sampai
wafat. Beliau hidup dalam masa kejayaan pemerintahan dinasti Abbasiyah, dalam
masa terjadinya persinggungan tajam antara ilmu filsafat, kebudayaan Helenisme
dengan ajaran Islam. Pada masa ini banyak pikiran-pikiran kaum muslim
dipengaruhi oleh filsafat dan kebudayaan helenisme ini, seperti halnya dengan aliran
Mu‟tazilah dan sebagainya. Sekalipun para khalifah banyak yang terlibat dalam
persinggungan-persinggungan itu dan banyak mengerjakan perbuatan perbuatan
maksiat, namun mereka sangat menghargai perkembangan ilmu hadits dan ilmu fiqh.
Para ulama mempunyai kedudukan tersendiri di samping Khalifah, seperti yang
dilakukan oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid dan Khalifah Al-Amin dan sebagainya.
Sikap yang demikianlah
yang membantu usaha-usaha Imam Syafi‟i dalam Islam. Beberapa peristiwa yang
dapat menunjukkan kebenaran pernyataan di atas adalah:
a. Waktu beliau akan pergi ke Madinah
berguru kepada Imam Malik diberi surat pengantar oleh wali kota Mekah. Menurut
riwayat beliau diantarkan sendiri oleh wali kota Madinah menghadap Imam Malik.
b. Beliau diangkat menjadi sekretaris wali
kota negeri (gubernur) Yaman atas permintaan gubernur itu sendiri,
c. Beliau bebas dari tuduhan sebagai pemuka
golongan Syi‟ah, di samping pertolongan Muhammad bin Hasan, juga karena
kekaguman Khalifah Harun Ar-Rasyid sendiri kepada beliau sebagai seorang ulama
yang luas pengetahuannya.
d. Penghormatan Khalifah Makmun sewaktu
melepas keberangkatan beliau ke Mesir dan ajakan gubernur Mesir Abbas bin Musa
agar beliau bersedia tinggal di istana.
e. Penghormatan gubernur Mesir ketika
beliau wafat, dengan ikut memandikan jenazah beliau dan membayar segala
hutang-hutang beliau.
Sekalipun demikian ada
suatu isyarat yang dapat ditangkap dari beberapa sikap Imam Syafi‟i terhadap
penguasa waktu itu bahwa pada umumnya para penguasa banyak melakukan
perbuatan-perbuatan maksiat. Ikut memegang suatu jabatan pada waktu itu berarti
tidak dapat mengelakkan diri dari perbuatan maksiat itu, apalagi melaksanakan keinginan
menegakkan kebenaran. Mungkin inilah latar belakang beliau menolak secara halus
tawaran Khalifah Harun Ar-Rasyid untuk memegang jabatan qadhi di Yaman.
Mengenai penerimaan beliau atas tawaran gubernur Yaman untuk menjadi sekretaris
adalah karena desakan hidup, semata-mata untuk memperoleh gaji untuk memenuhi
keperluan hidup.
0 Response to "Biografi SIngkat Imam Syafi'i"
Post a Comment