Biografi SIngkat Imam Syafi'i

D.      BIOGRAFI IMAM SYAFI’I  (الشافعي )

Beliau adalah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafi‟i bin Said bin Abu Yazid bin Hakim bin Muhthalib bin Abdul Manaf. Keturunan beliau dari pihak bapak bertemu dengan keturunan nabi Muhammad saw. pada Abdul  Manaf. Oleh karena itu, beliau masih termasuk suku Quraisy, berasal dari golongan Al-azd. Beliau lahir di Ghaza, salah satu kota di daerah Palestina di pinggir laut Tengah pada tahun 150 H (767M) dan wafat di Mesir tahun 204 H (822 M).

Di banyak literatur tentang biografinya, dikisahkan bahwa ia dilahirkan pada tahun 150 H. Sekalipun masih terdapat perbedaan pendapat mengenai tempat asal kelahirannya. Yaqut misalnya, dalam sebuah karya tulisnya sekaligus mengajukan 3 riwayat yang berbeda. Yang kesemuanya itu di sinyalir berasal dari ucapan syafi’i sendiri. Riwayat pertama: “ Aku dilahirkan pada tahun 150 H di wilayah Ghazza (sebuah daerah yang kurang lebih berjarak 135 Km dari Yerusalam, Palestina). Kemudian aku dibawa pindah ke Mekkah, dalam usia 2 tahun oleh ibuku yang berkebangsaan Azd”

Riwayat kedua: “Syafi‟i pernah menyatakan: “Aku lahir di Asqalan, yang berjarak kurang lebih 21 Km dari Ghazza, Palestina”. Sedangkan dalam riwayat ketiga, dinyatakan: “Aku dilahirkan di Yaman. Namun kemudian ada semacam rasa kekhawatiran di hati ibuku, sehingga beliau membawaku pindah ke Mekkah. Ini terjadi ketika usiaku 10 tahun atau tidak jauh dari itu”. (Yagud, Mu‟jamul Udaba‟, jilid 17, hal. 281).39 Ayah beliau meninggal ketika beliau masih kecil dan dalam keadaan demikian beliau dibawa kembali oleh ibunya ke Mekah dan menetap di sana. Beliau hafal Al-Quran sewaktu berumur 9 tahun, di samping telah hafal sejumlah hadits. Karena kemiskinan, beliau hampir tidak dapat menyiapkan seluruh peralatan belajar yang diperlukan, sehingga beliau terpaksa mencari kertas yang tidak terpakai atau telah dibuang untuk menulis. Kemudian, atas persetujuan ibunya, beliau keperkampungan Kabilah Nudzail yang berdiam di salah satu dusun di luar kota Mekah. Beliau belajar selama beberapa tahun di perkampungan Kabilah, sampai beliau merasa telah memiliki pengetahuan bahasa Arab yang cukup. Sekembali dari perkampungan Kabilah Hudzail, beliau kembali menekuni pelajaran agama Islam, dengan mendatangkan ulama-ulama yang terkenal di Madinah waktu itu. Di antara ulama Mekah, hanya kepada Muslim bin Khalid AzSanjilah, paling lama beliau menimba ilmu. Pada usia 15 tahun beliau telah di beri wewenang oleh gurunya untuk memberi fatwa dan bertindak sebagai wakil mufti. Wewenang yang seperti itu  hampir tidak pernah diberikan kepada orang seusia beliau. Di samping berguru kepada Khalid Az-Zanji beliau menekuni pelajaran hadits kepada Sufyan bin Uyaynah. Beliau ke Madinah ketika berusia 20 tahun, dengan membawa surat pengantar wali kota Mekah dan surat pengantar dari gurunya, Muslim bin Khalid, untuk berguru dan menuntut ilmu kepada Imam Malik. Pada waktu itu, di madrasah Imam Malik banyak juga ulama-ulama yang datang dari segenap penjuru dunia Islam, seperti dari Mesir, Irak Asia Tengah, Syria dan Turki untuk belajar kepadanya. Pada saat itu, Imam Syafi‟i dikenal sebagai wakil Imam Malik dalam memberikan pelajaran, maka ulama-ulama itu menghormati beliau pula. Pada saat itu, beliau  mendengar bahwa di Bagdad berdiam dua orang ulama yang terkenal, yaitu Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan, murid dan sahabat terdekat Imam Abu Hanifah dan pernah pula menjadi ketua Mahkamah Agung Bagdad. Timbul keinginan beliau menuntut ilmu kepadanya dan keinginan itu disampaikan kepada gurunya, Imam Malik. Imam Malik menyetujuinya dan berangkatlah beliau ke Bagdad dengan biaya Imam Malik. Selama tinggal di Kufah beliau bertempat tinggal di rumah Muhammad bin Hasan, memperlajari naskah-naskah dan buku-buku yang berhubungan dengan Mazhab Hanafi yang kemudian menjelma menjadi fiqh Irak. Di samping itu, beliau memperlajari peradilan dan hukum-hukum acara yang berlaku di peradilan dalam mengadili perkara-perkara yang diajukan kepadanya. Irak waktu itu merupakan pusat kebudayaan dunia, jalan lalu lintas antara timur dan barat, tempat bertemunya aneka ragam kebudayaan yang berkembang di dunia. Di sana terdapat bermacam bentuk pergaulan, adat-istiadat tingkah laku manusia, yang tidak diketahui dan dialaminya sewaktu berada di Hijaz. Semuanya itu memperluas pandangan pikiran dan pengalaman beliau dalam memecahkan persoalan-persoalan Agama Islam yang timbul akibat suasana, keadaan dan tempat. Adapun penjelasan dari ringkasan di atas “ Pada saat beliau mendengar bahwa di Bagdad berdiam dua orang ulama yang terkenal, yaitu Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan, beliau ke Bagdad untuk menuntut ilmu kepadanya. Di sana beliau tinggal di rumah Muhammad bin Hasan, mempelajari naskah-naskah dan buku-buku yang berhubungan dengan mazhab Hanafi yang kemudian menjelma menjadi fiqh Irak. Di samping itu beliau juga mempelajari peradilan dan hukum-hukum acara yang berlaku di peradilan dalam mengadili perkaraperkara yang diajukan kepadanya”. Atas izin guru beliau Muhammad bin Hasan, beliau pergi mengunjungi daerah-daerah Persia, ke Anathul, Hirah, ke kota Ramlah di Palestina dan negerinegeri di bagian Selatan Baitul Magdis. Di negeri-negeri yang beliau kunjungi diajarkanlah kitab Muwaththa‟ dan pendapat-pendapat beliau sendiri. Dari kota Ramlah beliau langsung kembali ke Madinah, ke rumah Imam Malik. Sejak itu beliau mulai kembali memperdalam ilmunya di samping membantu Imam Malik mengajar, sampai Imam Malik meninggal dari tahun 179 H.

Kematian Imam Malik berpengaruh besar terhadap hidup dan kehidupan Imam Syafi‟i. semula ia tidak pernah memikirkan keperluan-keperluan penghidupannya, tetapi setelah kematian gurunya itu, hal itu menjadi beban fikiran yang tidak dapat diatasinya. Karena itulah beliau menerima tawaran wali negeri Yaman untuk diangkat menjadi sekretaris beliau. Waktu itu beliau berumur 29 tahun. Selama menjabat sekretaris Wali negeri Yaman banyak bertambah pengetahuan beliau tentang ilmu politik dan ilmu pemerintahan, cara-cara yang kotor yang dilakukan dalam berpolitik dan sebagainya. Waktu itulah beliau melaksanakan perkawinan dengan Hamidah binti Nafi‟, termasuk salah seorang keturunan Utsman bin „Affan.

Negeri Yaman waktu itu termasuk salah satu daerah yang berada di bawah pemerintahan dinasti Abbasiyah, dengan kepala Negara Harun Al-Rasyid yang berkedudukan di Bagdad. Di negeri itu sedang berkembang gerakan syi‟ah yang menjadi musuh dinasti Abbasiyah. Maka Imam Syafi‟i dituduh ikut  terlibat dalam gerakan Syi‟ah itu. Beliau bukan saja dianggap sebagai pengikut Syi‟ah, tetapi lebih dari dianggap sebagai pemimpin dari gerakan Syi‟ah. Karena itu beliau dibawa ke Bagdad untuk diadili, bersama-sama tokoh lain. Tokoh-tokoh yang lain dikenai hukuman mati, sedangkan Imam Syafi‟i dibebaskan dari semua tuduhan, berkat bantuan Muhammad bin Hasan, yang pernah menjadi guru beliau waktu beliau di Kufah dahulu. Kemudian beliau menetap di Bagdad di rumah Muhammad, di samping berguru kepadanya beliau juga sering mengadakan diskusi-diskusi dengan ulama-ulama yang ada di Bagdad.

Pada tahun 181 H, beliau kembali ke Mekah dan beliau dapati ibu beliau telah meninggal dunia. Beliau disambut oleh pemerintah dan penduduk Mekah dengan penuh penghormatan dan sejak itu beliau kembali mengajar dan mengadakan pertemuan-pertemuan dengan para ulama yang datang dari seluruh dunia di musim haji. Setelah beliau mendengar wafatnya Abu Yusuf dan Muhammad bin Hasan, Khalifah Harun Ar-Rasyid dan Khalifah Al-Amin Ar-Rasyid, pada tahun 198 H, berangkatlah beliau ke Bagdad. Beliau tinggal di Bagdad selama sebulan dan beliau mengadakan pertukaran pikiran dengan ulama-ulama di Bagdad waktu itu. Pada waktu itulah Muhammad bin Hanbal berguru kepada beliau. Pada tahun198 H, Khalifah Makmun memberhentikan Muththalib sebagai gubernur Mesir dan mengangkat Abbas bin Musa sebagai sebagai penggantinya. Bersama Abbas bin Musa berangkat pulalah Imam Syafi‟i ke Mesir. Pada keberangkatan itu beliau dilepas oleh Imam Ahmad bin Hambal. Beliau bertempat tinggal di rumah Abdullah bin Abdul Hakam.

Demikianlah  Imam Syafi‟i di Mesir selama 6 tahun sampai wafat. Beliau hidup dalam masa kejayaan pemerintahan dinasti Abbasiyah, dalam masa terjadinya persinggungan tajam antara ilmu filsafat, kebudayaan Helenisme dengan ajaran Islam. Pada masa ini banyak pikiran-pikiran kaum muslim dipengaruhi oleh filsafat dan kebudayaan helenisme ini, seperti halnya dengan aliran Mu‟tazilah dan sebagainya. Sekalipun para khalifah banyak yang terlibat dalam persinggungan-persinggungan itu dan banyak mengerjakan perbuatan perbuatan maksiat, namun mereka sangat menghargai perkembangan ilmu hadits dan ilmu fiqh. Para ulama mempunyai kedudukan tersendiri di samping Khalifah, seperti yang dilakukan oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid dan Khalifah Al-Amin dan sebagainya.

Sikap yang demikianlah yang membantu usaha-usaha Imam Syafi‟i dalam Islam. Beberapa peristiwa yang dapat menunjukkan kebenaran pernyataan di atas adalah:

a.       Waktu beliau akan pergi ke Madinah berguru kepada Imam Malik diberi surat pengantar oleh wali kota Mekah. Menurut riwayat beliau diantarkan sendiri oleh wali kota Madinah menghadap Imam Malik.

b.      Beliau diangkat menjadi sekretaris wali kota negeri (gubernur) Yaman atas permintaan gubernur itu sendiri,

c.       Beliau bebas dari tuduhan sebagai pemuka golongan Syi‟ah, di samping pertolongan Muhammad bin Hasan, juga karena kekaguman Khalifah Harun Ar-Rasyid sendiri kepada beliau sebagai seorang ulama yang luas pengetahuannya.

d.      Penghormatan Khalifah Makmun sewaktu melepas keberangkatan beliau ke Mesir dan ajakan gubernur Mesir Abbas bin Musa agar beliau bersedia tinggal di istana.

e.       Penghormatan gubernur Mesir ketika beliau wafat, dengan ikut memandikan jenazah beliau dan membayar segala hutang-hutang beliau.

 

Sekalipun demikian ada suatu isyarat yang dapat ditangkap dari beberapa sikap Imam Syafi‟i terhadap penguasa waktu itu bahwa pada umumnya para penguasa banyak melakukan perbuatan-perbuatan maksiat. Ikut memegang suatu jabatan pada waktu itu berarti tidak dapat mengelakkan diri dari perbuatan maksiat itu, apalagi melaksanakan keinginan menegakkan kebenaran. Mungkin inilah latar belakang beliau menolak secara halus tawaran Khalifah Harun Ar-Rasyid untuk memegang jabatan qadhi di Yaman. Mengenai penerimaan beliau atas tawaran gubernur Yaman untuk menjadi sekretaris adalah karena desakan hidup, semata-mata untuk memperoleh gaji untuk memenuhi keperluan hidup.

0 Response to "Biografi SIngkat Imam Syafi'i"

Post a Comment