Antara Sunnah, Bidah Dan Taklid
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ
وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا
وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ
يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ
أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ
عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ
الْقِيَامَةِ.
يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا
اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ
الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ
مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ
بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا.
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا
اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ
لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا
عَظِيْمًا. أَمَّابَعْدُ؛
فَإِنْ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ،
وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ
الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ
وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.
Antara Sunnah, Bidah Dan Taklid
Ikhwan fillah rahimakumullah.
Merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk menuntut ilmu Al-Qur’an dan As-Sunnah
agar kita dapat meghindari dan menolak syubhat di dalam memahami dien
Islam ini. Telah kita sepakati bersama bahwa hanya dengan Al-Qur’an dan
As-Sunnah kita dapat selamat dan tidak akan tersesat.
Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam bersabda:
تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ
تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا، كِتَابَ اللهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ.
“Aku
tinggalkan pada kalian dua perkara, jika kalian berpegang teguh dengan keduanya
kalian tidak akan sesat selama-lamanya yaitu: Kitabullah dan sunnah NabiNya”.
(Hadist Riwayat Malik secara mursal (Al-Muwatha, juz 2, hal. 999).
Syaikh Al-Albani mengatakan dalam bukunya At-Tawashshul anwa’uhu wa ahkamuhu,
Imam Malik meriwayatkan secara mursal, dan Al-Hakim dari Hadits Ibnu Abbas dan
sanadnya hasan, juga hadist ini mempunyai syahid dari hadits jabir telah saya
takhrij dalam Silsilah Ahadits As-Shahihah no. 1761).
Adakah pilihan lain agar kita termasuk dalam orang-orang yang selamat dan agar
umat Islam ini memperoleh kejayaan lagi selain mengikuti Al-Qur’an dan
As-Sunnah dengan pemahaman para Salafus Shalih? tentu tidak ada, karena
sebenar-benar ucapan adalah Kalamullah, sebaik-baik petunjuk adalah sunnah
Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam dan sebaik-baik generasi adalah
generasi sahabat yang telah Allah puji dan Allah ridhai.
Suatu
kebahagiaan kiranya jikalau kita termasuk dalam golongan yang selamat, golongan
Tha’ifah Manshurah (kelompok yang mendapat pertolongan) dari Allah.
Ikhwan fillah rahimakumullah
Kebanyakan ummat Islam, kini terjebak dalam taklid buta. Terkadang suatu
anjuran untuk mengikuti dan berpegang teguh pada Al-Qur’an dan sunnah serta
memalingkan jiwa dari selain keduanya dianggap sebagai seruan yang mengajak
kepada pelecehan pendapat para ulama dan menghalangi untuk mengikuti jejak para
ulama atau mengajak untuk menyerang perkataan mereka. Padahal tidak demikian
yang dimaksudkan, bahkan harus dibedakan antara mengikuti Nabi semata dengan
pelecehan terhadap pendapat para ulama. Kita tidak boleh mengutamakan pendapat
seseorang di atas apa yang telah dibawa oleh beliau dan tidak juga
pemikirannya, siapapun orang tersebut. Apabila seseorang datang kepada kita
membawakan suatu hadits, maka hal pertama yang harus kita perhatikan adalah
keshahihan hadits tersebut kemudian yang kedua adalah maknanya. Jika sudah
shahih dan jelas maknanya maka tidak boleh berpaling dari hadits tersebut
walaupun orang disekeliling kita menyalahi kita, selama penerapannya juga
benar.
Para
Imam ulama salaf yang dijadikan panutan umat, mencegah para pengikutnya
mengikuti pendapat mereka tanpa mengetahui dalilnya.
Di antara ucapan Abu
Hanifah: “Tidak halal bagi seseorang untuk mengambil pendapat kami sebelum dia
mengetahui dari mana kami mengambilnya.” Kemudian:
“Bila
saya telah berkata dengan satu pendapat yang telah menyalahi kitab Allah ta’ala
dan sunah Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam , maka tinggalkanlah pendapatku.”
Sedangkan mayoritas ummat Islam sekarang ini mereka berkata, “Ustadz saya
berkata.”
Padahal sudah datang kepada mereka firman Allah dalam surat Allah Hujarat ayat
1:
“Hai
orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan RasulNya.”
Ibnu
Abbas berkata. “Hampir-hampir saja diturunkan atas kalian batu dari langit. Aku
mengataklan kepada kalian,” Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam bersabda,
tetapi kalian mengatakan, Abu Bakar berkata, Umar berkata.”
Firman Allah dalam surat 7 ayat 3:
“Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu
mengikuti pemimpin-pemimpin selainNya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran
(dari padaNya).”
Kemudian salah satu penyakit umat Islam sekarang ini disamping taklid buta
adalah banyaknya para pelaku bid’ah. Dan di antara sebab-sebab yang membawa
terjadinya bid’ah adalah:
1. Bodoh tentang hukum agama dan sumber-sumbernya
Adapun sumber-sumber hukum Islam adalah Kitabullah, sunnah RasulNya dan ijma’
dan Qiyas. Setiap kali zaman berjalan dan manusia bertambah jauh dari
ilmu yang haq, maka semakin sedikit ilmu dan tersebarlah kebodohan. Maka tidak
ada yang mampu untuk menentang dan melawan bi’dah kecuali ilmu dan ulama.
Apabila ilmu dan ulama telah tiada dengan wafatnya mereka, bi’dah akan mendapatkan
kesempatan dan berpeluang besar untuk muncul dan berjaya dan tokoh-tokoh bid’ah
bertebaran menyeret umat ke jalan sesat.
2. Mengikuti hawa nafsu dalam masalah hukum
Yaitu
menjadikan hawa nafsu sebagai sumber segalanya dengan menyeret/membawa dalil-dalil
Al-Qur’an dan As-Sunnah untuk mendukungnya, dalil-dalil tersebut dihukumi
dengan hawa nafsunya. Ini adalah perusakan terhadap syari’at dan tujuannya.
“Maka
pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai ilah-nya dan
Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmuNya dan Allah telah mengunci mati
pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka
siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiar-kan sesat) ...”
(Al-Jatsiyah: 23).
3. Fanatik buta terhadap pemikiran-pemikiran orang tertentu
Fanatik buta terhadap pemikiran orang-orang tertentu akan memisahkan antara
seorang muslim dari dalil dan al-haq. Inilah keadaan orang-orang yang fanatik
buta pada zaman kita sekarang ini, Mayoritas terdiri dari pengikut sebagian
madzhab-madzab, sufiyyah dan quburiyyun (penyembah-penyembah kuburan), yang
apabila mereka diseru untuk mengikuti Al-Kitab dan As-Sunnah, mereka
menolaknya. Dan mereka juga menolak apa-apa yang menyelisihi pendapat mereka.
Mereka berhujah dengan madzab-madzab, syaikh-syaikh, kiyai-kiyai, bapak-bapak
nenek moyang mereka. Ini adalah pintu dari sekian banyak pintu-pintu masuknya
bid’ah ke dalam agama Islam ini.
4. Ghuluw (berlebih-lebihan)
Contoh dari point ini adalah madzab khawarij dan syi’ah. Adapun khawarij,
mereka ghuluw berlebihan dalam memahami ayat-ayat peringatan dan ancaman.
Mereka berpaling dari ayat-ayat raja’ (pengharapan), janji pengampunan dan
taubat sebagaimana Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman, yang artinya:
“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni dosa yang
selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendakiNya ...” (An-Nisa’:
48,116).
5. Tasyabuh dengan kaum kuffar
Tasyabbuh (menyerupai) kaum kuffar adalah sebab yang paling menonjol
terjatuhnya seorang kedalam bid’ah. Hal ini pulalah yang terjadi di zaman kita
sekarang ini. Karena mayoritas dari kalangan kaum Muslimin taqlid kepada kaum
kuffar pada amal-amal bid’ah dan syirik. Seperti perayaan-perayaan ulang tahun
(maulid) dan mengadakan hari-hari atau minggu-minggu khusus dan perayaan serta
peringatan bersejarah (menurut anggapan mereka) seperti: peringatan Maulid
Nabi. Isra’ Mi’raj, Nuzulul Qur’an dan yang lainnya adalah meyerupai
peringatan-peringatan kaum kuffar.
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ
مِنْهُمْ.
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk mereka”.
(Abu Dawud).
6. Menolak bid’ah dengan bid’ah yang semisalnya atau bahkan
yang lebih rusak
Contohnya ialah kaum Murji’ah, Mu’tazilah, Musyabibhah dan Jahmiyyah. Kaum
Murji’ah memulai bid’ahnya dalam mensikapi orang-orang yang dizamannya, mereka
berkata: “Kita tidak menghakimi mereka dan kita kembalikan urusannya kepada
Allah Subhannahu wa Ta'ala ”. Hingga akhirnya mereka sampai pada pendapat bahwa
maksiat tidak me-mudharat-kan iman, sebagaimana tidak berfaedah ketaatan yang
disertai kekufuran. Al-Baghdadi berkata: “Mereka dinamakan Murji’ah karena
mereka memisahkan amal dari keimanan.”
Demikianlah, para ahlul bid’ah menjadikan kebid’ahan-kebid’ahan yang mereka
lakukan sebagai satu amalan ataupun suatu sunnah, sedangkan yang benar-benar
sunnah mereka jauhi. Padahal sesungguhnya Rasulullah Shallallaahu alaihi wa
Salam telah bersabda:
مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ
أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ.
“Barangsiapa mengajarkan suatu amalan yang tidak ada keterangannya dari kami
(Rasulullah), maka dia itu tertolak.” (Hadist riwayat Muslim).
Ihwan fillah rahimakumullah
Oleh
karena itu jika kita mempelajari seluk beluk taqlid, kemudian kita pelajari
hakekat kebid’ahan niscaya kita tahu bahwa ternyata antara bid’ah dan taqlid
mempunyai hubungan yang sangat erat sekali. Jika kita perhatikan perbuatan
bid’ah niscaya kita akan mengetahui bahwa pelakunya adalah seorang muqallid.
Dan kalau kita melihat seorang muqallid, niscaya kita lihat bahwa dia tenggelam
dalam kebid’ahan, kecuali bagi mereka yang dirahmati oleh Allah ‘Azza wa Jalla.
Berikut ini ada beberapa sebab yang menunjukkan bahwa taqlid itu mempunyai
hubungan yang erat dengan bid’ah.
Muqallid tidak bersandar dengan dalil dan tidak mau melihat dalil; jika dia
bersandar pada dalil, maka dia tidak lagi dinamakan muqallid. Demikian pula
mubtadi’, diapun dalam melakukan kebid’ahan tidak berpegang dengan dalil karena
kalau berpegang dengan dalil maka ia tidak lagi dinamakan dengan mubtadi’
karena asal bid’ah adalah mengadakan sesuatu hal yang baru tanpa dalil atau
nash.
Taqlid dan bid’ah adalah tempat ketergelinciran yang sangat berbahaya yang
menyimpangkan seseorang dari agama dan aqidah. Karena dua hal tersebut akan
menjauhkan pelakunya dari nash Al-Qur’an dan As-Sunnah yang merupakan
sumber kebenaran.
Taqlid dan bid’ah merupakan sebab utama tersesatnya umat terdahulu. Allah
Subhannahu wa Ta'ala menceritakan dalam Al-Qur’an tentang Bani Isra’il yang
meminta Musa Alaihissalam untuk menjadikan bagi mereka satu ilah dari berhala,
karena taqlid kepada para penyembah berhala yang pernah mereka lewati.
FirmanNya:
“Dan kami seberangkan Bani Israil keseberang lautan
itu, maka setelah mereka sampai pada satu kaum yang telah menyembah berhala
mereka, Bani Israil berkata: “Hai Musa, buatlah untuk kami sebuah ilah
(berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa ilah (berhala)!. Musa menjawab:
“Sesungguhnya kamu adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat Ilah)!
“sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan kepercayaan yang dianutnya dan akan
batal apa yang selalu mereka kerjakan.” (Al- A’raf: 138-139).
Sekalipun Nabi Musa Alaihissalam melarang dan mencerca mereka dan mereka
mengetahui bahwa arca itu hanyalah bebatuan yang tidak memberi manfaat dan
mudlarat, tetapi mereka tetap membikin patung anak sapi dan menyembahnya.
Hal
ini disebabkan karena taqlid yang sudah menimpa diri mereka. Ayat ini sangat
jelas menunjukkan bahaya taqlid dan hubungannya yang sangat erat dengan
kebid’ahan bahkan dengan kesyirikan dan kekufuran. Hal inilah yang merupakan
sebab kesesatan Bani Isra’il dan umat lainnya, termasuk sebagian besar ummat
Muhammad Shallallaahu alaihi wa Salam .
Terakhir adalah bagaimana cara kita untuk keluar dari bid’ah
ini
Jalan
keluar dari bid’ah ini telah di gariskan oleh Rasulullah Shallallaahu alaihi wa
Salam dalam banyak hadits. Dan satu di antaranya adalah berpegang teguh pada
Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman para Salafus Shahih, , karena mereka
adalah orang yang paling besar cintanya kepada Allah dan RasulNya, paling kuat
ittiba’nya, paling dalam ilmunya, dan paling luas pemahamannya terhadap dua
wahyu yang mulia tersebut. Dengan cara ini seorang muslim mampu berpegang teguh
dengan agamanya dan bebas dari kotoran yang mencemari dan terhindar dari semua
kebid’ahan yang menyesatkan.
Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan taufiq dan hidayahNya kepada kita
semua dan kepada saudara-saudara kita yang terjerumus dan bergelimang di dalam
kebid’ahan. Mudah-mudahan pula Allah menambah ilmu kita, menganugrahkan
kekuatan iman dan takwa untuk bisa tetap istiqomah di atas manhaj yang hak dan
menjalani sisa hidup di jaman yang penuh fitnah ini dengan bimbingan syari’at
Muhammadiyah (syariat yang dibawa oleh Muhammad Shallallaahu alaihi wa Salam ),
sampai kita bertemu Allah dengan membawa bekal husnul khatimah.
Amin ya Rabbal Alamin.
إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ
الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ
مُحَمَّدٍ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ
أَجْمَعِيْنَ.
رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ
هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ.
رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ
أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ.
اَللَّهُمَ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ
وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَصْلِحْ وُلاَةَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأَلِّفْ بَيْنَ
قُلُوْبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ
وَعَدُوِّهِمْ وَوَفِّقْهُمْ لِلْعَمَلِ بِمَا فِيْهِ صَلاَحُ اْلإِسْلاَمِ وَالْمُسْلِمِيْنَ.
اَللَّهُمَ لاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا
بِذُنُوْبِنَا مَنْ لاَ يَخَافُكَ فِيْنَا وَلاَ يَرْحَمُنَا.
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي
الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا
يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ
DO'A
اللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَ ذُنُوْبَ
وَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ
وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ
وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا
الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلّاً
لِّلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَّحِيمٌ
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ
تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي
اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِينَ .
وَصَلى الله وسَلم عَلَى مُحَمد تسليمًا كَثيْرًا
وآخر دَعْوَانَا لله رَب الْعَالَميْنَ
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
وَبَرَكَاتُهُ
Oleh: Iwan Sutedi
0 Response to "(khutbah jum'at tahunan)-Antara Sunnah, Bidah Dan Taklid"
Post a Comment